RSS

Aku Ingin Tahu Mengapa?

09 Feb

Mengapa Orang Menderita Alergi?

Alergi adalah suatu kondiri seseorang secara hipersensitif bereaksi atau dengan cara yang tidak biasa terhadap senyawa atau zat apapun. Rentang alergi amat lebar dan orang dapat bereaksi terhadap berbagai makanan, obat, debu, tepung sari, kain, tanaman, bakteri, binatang, panas, cahaya matahari, dan banyak hal lain.

Kalau ada benda asing menyerang jaringan, tubuh bereaksi untuk melawannya. Tubuh menghasilkan material tertentu, yang disebut antibodi, yang bersenyawa dengan benda asing itu dan mengubahnya menjadi tidak berbahaya. Tetapi seandainya material tersebut masuk ke dalam tubuh untk kedua kalinya, antibodi dikeluarkan oleh jaringan tubuh untuk menyerang senyawa tersebut. Hal ini menyebabkan senyawa kimia yang disebut histamin dilepaskan, yang kemudian menimbulkan kelainan yang merupakan gejala-gejala dari alergi.

Catatan : Di musim semi dan di awal musim panas beberapa orang menderita reaksi alergi terhadap tanaman dan sebuk sari tertentu. Ini disebut hay fever dan dapat menimbulkan gejala-gejala seperti flu berat.

Mengapa Beberapa Orang Menderita Asma?

Asma bukanlah penyakit tetapi gejala dari kondisi lain. Kalau seseorang menderita asma, dia sulit bernafas karena terjadi hambatan terhadap aliran udara yang masuk dan keluar paru-paru.

Penyebabnya mungkin alergi, gangguan emosional, atau kondisi cuaca. Kalau seseorang sudah menderita asma sebelum berusia 30 tahun, biasanya merupakan akibat dari alergi. Dia mungkin sensitif terhadap tepung sari, debu, binatang, atau makanan atau obat tertentu.

Anak-anak, terutama, cenderung menderita asma dan alergi makanan. Keadaan ini sering disebabkan oleh telur, susu, atau produk gandum. Orang yang menderita asma sering harus menjalani diet tertentu untuk menghilangkan atau meminimalkan kontak dengan produk makanan ini.

Catatan fakta : Orang dapat menderita alergi akibat banyak makanan yang berbeda. Salah satu yang paling umum adalah produk susu.

Mengapa Otot Terasa Sakit Setelah Berolahraga?

Ketika Anda berolahraga otot Anda mengerut dan menghasilkan asam yang disebut asam laktat. Asam ini berfungsi seperti ‘racun’. Pengaruh dari asam laktat ini adalah membuat Anda lelah, dengan membuat otot merasa lelah. Bila asam dihilangkan dari otot yang lelah, rasa lelah di otot hilang dan langsung dapat bekerja lagi.

Jadi merasa lelah setelah otot berolah raga sebenarnya hasil dari semacam ‘meracuni’ internal yang berlangsung dalam tubuh. Tetapi tubuh memerlukan perasaan lelah sehingga ada keingina untuk istirahat. Sewaktu istirahat persendian dalam tubuh mengganti pasokan pelumas yang telah habis kita gunakan.

Catatan fakta : Anda perlu meregangkan otot-otot sebelum dan setelah olahraga untuk menyebarkan asam laktat.

Mengapa Kita Berhenti Tumbuh?

Rata-rata panjang bayi saat lahir adalah 50 cm. Dalam kurun waktu dua puluh tahun berikutnya, panjang tubuh pria akan mencapai tiga kali panjangnya saat lahir dan rata-rata mencapai 170 cm (orang Barat). Tetap mengapa dia tidak terus tumbuh dan tumbuh lagi?

Dalam badan terdapat sistem kelenjar yang disebut kelenjar endoktrin yang mengendalikan pertumbuhan kita. Kelompok kelenjar endoktrin tersebut adalah kelenjar gondok atau tiroid di leher, pituitari yang melekat di otak, timus di dada, dan kelenjar seks. Kelenjar pituitari adalah kelenjar yang merangsang tulang kita untuk tumbuh. Bila kelenjar ini bekerja terlalu keras lengan dan tungkai kita akan tumbuh terlalu panjang dan tangan serta kaki kita menjadi terlalu besar. Bila kerja dari kelenjar ini kurang keras, pada akhirnya kita akan menjadi kerdil.

Kita terus tumbuh, tetapi hanya sedikiit, setelah berusia 25 tahun, dan kita mencapai tinggi maksimum saat berusia sekitar 35 atau 40 tahun. Setelah ini, tinggi badan kita menyusut sekitar satu sentimeter setiap sepuluh tahun. Alasan dari kenyataan ini adalah tulang rawan yang ada di dalam persendian dan tulang belakang kita mengering saat usia kita semakin tua.

Catatan fakta : Orang berusia lanjut tidak lagi tumbuh dan dengan demikian mereka tidak seaktif ketika mereka masih muda. Karena alasan ini mereka tidak perlu makan sebanyak dahulu dan cukup sering menjadi lebih kurus.

Mengapa Wanita Tidak Mempunyai Jenggot?

Kita mengetahui bahwa rambut indah yang dimiliki wanita dapat amat menarik, tetapi kita harus mengasumsikan bahwa rambut umat manusia di zaman dahulu kala mempunyai peran yang lebih praktis ketimbang sekarang. Ketika bayi lahir, tubuhnya tertutup oleh bulu-bulu yang amat halus. Tidak lama kemudian bulu-bulu ini diganti oleh rambut halus yang kita lihat dimiliki oleh semua anak. Kemudian saat usia pubertas, penutup yang dimiliki oelh orang yang bersangkutan sebagai orang dewasa.

Perkembangan dari rambut orang dewasa ini diatur oleh kelenjar seks. Akibat dari hormon seks pria ini rambut di dagu dan di badan tumbuh, sementara pertumbuhan rambut dikepala dihambat, atau pertumbuhannya diperlambat,

Akibat dari hormon seks wanita adalah tepat kebalikannya! Pertumbuhan rambut di kepala berkembang, sementara pertumbuhan rambut di dagu dan dibadan dihambat, jadi wanita tidak mempunyai janggut karena berbagai kelenjar dan hormon dalam badan mereka memang berfungsi mencegah pertumbuhan ini.

Catatan fakta : Kebiasaan mencukur jenggot diperkenalkan di Inggris oleh keluarga Saxon. Tukang cukur pertama kali muncul di masa Romawi sekitar tahun 300 SM. Sekarang, banyak sekali variasi perawatan rambut di wajah dari jenggot dan kumis sampai mencukur bersih.

Mengapa Temperatur Tubuh Kita Naik Kalau Kita Sakit?

Hal pertama yang dilakukan dokter Anda ketika kamu merasa tidak sehat adalah mengukur temperatur tubuh kamu dengan termometer. Dia mencoba untuk mengetahui apakah kamu ‘demam’.

Tubuh kamu mempunyai temperatur rata-rata 98,6 derajat Fahreinheit (37 derajat Celsius) ketika sehat. Beberapa penyakit membuat temperatur meningkat dan kita menyebut temperatur yang lebih tinggi sebagai ‘demam’.

Demam biasanya membantu kita melawan penyakit. Demam membuat proses vital dan organ dalam badan bekerja lebih cepat. Badan memproduksi lebih banyak hormon, enzim, dan sel-sel darah. Hormon dan enzim adalah senyawa kimia yang bermanfaat dalam tubuh kita dan ketika kita sakit harus bekerja lebih keras. Darah kita diedarkan lebih cepat, kita bernapas lebih cepat dan dengan demikian kita membuang sampah dan racun keluar dari sistem kita. Akan tetapi kita perlu untuk secepat mungkin menghilangkan demam karena demam menghancurkan protein vital dalam tubuh kita.

Catatan fakta : Vitamin C adalah vitamin penting yang membantu kita melawan infeksi dan penyakit. Vitamin C dapat ditemukan secara almi dalam jeruk dan buah-buahan lain serta sayur-sayuran sehinga amat penting bagi kita untuk menyertakan banyak jenis makanan ini dalam diet kita sehari-hari.

Mengapa Kita Berkeringat?

Berkeringat adalah salah satu cara kita mempertahankan tubuh kita pada temperatur normal yang nyaman, sekitar 37 derajar Celsius. Kalau tubuh kita menjadi terlalu panas, pembuluh darah dalam kulit membesar sehingga kelebihan panas dapat dibuang lewat radiasi (dipancarkan) dan juga membantu keringat kita menguap. Berkeringat seperti siraman air membasuh tubuh dari dalam keluar. Cairan yang mengalir keluar lewat jutaan lubang kecil di kulit dalam bentuk tetesan miksokopis. Titik-titik ini menguap dengan cepat dan mendinginkan tubuh kalau perlu.

Catatan fakta : Berkeringat adalah cara tubuh mendinginkan diri dengan cepat. Agar dapat menguap,cairan mengambil panas dari sekelilingnya.

Mengapa Kita Bermimpi?

Semua mimpi kita mempunyai kaitan dengan emosi, rasa takut, rindu, keinginan, kebutuhan, dan memori kita. Tetapi sesuatu di ‘luar’ dapat mempengaruhi mimpi kita. Bila seseorang lapar, lelah atau dingin, mimpinya mungkin termasuk perasaan itu. Bila selimut kita tersingkap dan jatuh, Anda mungkin mimpi Anda berada di gunung es. Ada orang yang disebut ahli psikoanalisis yang melakukan penelitian khusus mengapa orang bermimpi. Mereka yakin bahwa mimpi adalah ekspresi dari keinginan yang belum terwujud. Dengan kata lain, mimpi adalah cara membuat keinginan Anda terpenuhi.

Mengapa Beberapa Orang Menjadi Kidal?

Sekitar empat persen dari populasi adalah orang kidal. Dalam perjalanan sejarah banyak genius yang paling hebat juga kidal, Leonardo da Vinci dan Michelangelo, pemahat paling terkenal sepanjang masa, keduanya kidal.

Otak mempunyai bagian kanan dan kiri dan keduanya tidak berfungsi dengan cara yang sama. Diyakini bahwa bagian kiri dari otak lebih menonjol, bagian kanan badan lebih terampil dan lebih baik melakukan beberapa hal. Kita membaca, menulis, berbicara, dan bekerja dengan otak kita bagian kiri. Dan hal ini, tentu saja, membuat kita pada umumnya tidak kidal. Tetapi dalam kasus orang kidal, cara kerjanya adalah kebalikan. Bagian otak sebelah kanan lebih menonjol, dan orang seperti ini bekerja lebih baik dengan bagian kiri badan.

Catatan fakta : Apakah Anda mengetahui bahwa tidak ada dua orang manusia yang mempunyai sidik jari yang sama? Sidik jari adalah pola yang terbentuk oleh peninggian di lapisan kulit di ujung-ujung jari Anda. Bila Anda menekankan jari Anda di bantalan yang mengandung tinta dan kemudian ke atas sehelai kertas, Anda pasti dapat melihat beberapa pola ini.

Sumber : Buku “Aku Ingin Tahu Mengapa?”, 2001

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on February 9, 2010 in Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: