RSS

Air Terjun Singang Gila, Permata Lain dari Wisata Pegunungan Rinjani

26 Oct

Salah satu objek wisata alam di Pulau Lombok yang mulai terkenal yakni Air Terjun Singang Gila yang terletak di wilayah Lombok Barat. Air Terjun Singang Gila masuk dalam kawasan Pegunungan Rinjani yang sudah terkenal sebelumnya dengan Danau Segara Anak yang berada dipuncak gunung dengan ketinggian 3.726 meter, lokasinya berjarak sekitar 80 kilometer dari Kota Mataram. Bisa ditempuh dengan perjalanan lumayan panjang sekitar dua hingga tiga jam dari Kota Mataram melewati jalur kawasan objek wisata Pantai Senggigi.

Pengunjung yang datang ke Singang Gila tidak hanya masyarakat lokal NTB, tetapi ada juga sejumlah wisatawan mancanegara yang selalu terlihat antusias menikmati panorama sambil berfoto.

Untuk menuju lokasi air terjun tersebut, pengunjung terlebih dulu harus menuruni sekitar 300 anak tangga setelah membayar tiket di pintu masuk. Banyak pengunjung mengaku gemetaran kakinya begitu sampai dibawah setelah menuruni ratusan anak tangga. Namun segera berangsur-angsur hilang begitu melihat keindahan air terjun tersebut ditambah dengan bermain air yang begitu bersih, jernih dan dingin.

Sebagian besar pengunjung terutama biasanya langsung mandi di kucuran air terjun yang berasal dari ketinggian ratusan meter. Sedangkan para wisatawan mancanegara biasanya hanya ikut menyaksikan sambil asik berfoto-foto di dekat air terjun yang berhawa sejuk dengan kolam air berbatu-batu yang tidak terlampau luas dan dalam

Banyak pengunjung yang sengaja menahan jatuhan air yang tidak terlampau deras itu ke bagian punggungnya yang dipercayai sebagai salah satu terapi pijat air guna relaksasi saraf bagian belakang badan. Biasanya cukup dengan menundukkan bagian belakang badan persis dijatuhan air yang tidak terlalu besar, reaksi pijatannya akan segera terasa dan setelah itu badan jadi segar.

Di kawasan objek wisata Singang Gila ini memang tidak terlalu banyak fasilitas yang membuat pengunjung nyaman, kecuali hanya ada satu toilet dan tempat ganti pakaian serta sedikit berugak atau rumah panggung kecil untuk berteduh. Setelah puas menikmati pemandangan dan mandi air terjun, barulah para pengunjung menghadapi ujian yang sebenarnya yakni harus menaiki ratusan anak tangga. Hal ini lumayan berat terutama bagi orangtua dan memiliki badan gemuk. Diperlukan semangat tinggi dan harus beristirahat beberapa kali untuk bisa sampai diatas atau pintu masuk utama kawasan air terjun Singang Gila.

Sejumlah pengunjung berharap pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan fasilitas lokasi objek wisata itu, terutama banyak pegangan terbuat dari besi yang berfungsi sebagai pengaman dan pembantu orang menuruni atau menaiki ratusan anak tangga yang sudah patah, padahal banyak posisi anak tangga tersebut terletak agak dekat dengan bibir jurang sehingga bisa menimbulkan kesan mengerikan dan mengkhawatirkan terutama bila seseorang kehilangan keseimbangan.

Kendati begitu, setibanya diatas dan istirahat sejenak di lokasi parkir kendaraan, akhirnya kekhawatiran dan keletihan terasa hilang dan langsung meninggalkan lokasi menuju Kota Mataram melintasi jalur lain menembus kawasan Pegunungan Rinjani dengan pemandangan yang menakjubkan.(hen)

sumber : kapanlagi.com

 
1 Comment

Posted by on October 26, 2008 in Wisata

 

One response to “Air Terjun Singang Gila, Permata Lain dari Wisata Pegunungan Rinjani

  1. nurul

    January 30, 2010 at 7:14 pm

    waw…………this is very beautiful

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: